Cart

There is no item in your cart

MENU

Apa itu kalender?

Kalender adalah alat yang memungkinkan kita mengetahui waktu secara akurat. Sejak awal, kalender dibentuk dengan melihat dua objek, yaitu bulan dan matahari.

Kalender matahari itu berdasarkan peredaran bumi mengelilingi matahari dan rotasi di porosnya sendiri. Peredaran bumi mengelilingi matahari membutuhkan waktu 354 hari 6 jam. Periode ini sesuai dengan satu tahun dalam kalender matahari.

Adapun kalender bulan itu berdasarkan pada peredaran bulan mengelilingi bumi yang selesai dalam 29,5 hari dan berulang sebangyak 12 kali setahun. Menurut kalender bulan, satu tahun adalah 354 hari. Kalender bulan yang paling terkenal adalah kaleder hijriah yang dimulai pada tahun ketika Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam hijrah dari makkah al mukarramah ke madinah almunawwarah. Peristiwa ini telah diterima oleh umat islam sebagai awal kalender hijriah.

Dalam kalender hijriah, sebagian bulan terdiri dari 29 hari dan sebagian bulan yang lainnya terdiri dari 30 hari.

Dalam kalender matahari, musim-musim akan berlangsung di bulan yang sama setiap tahunnya. Kalender bulan 11 hari lebih pendek dari kalender matahari. Oleh karena itu bulan-bulan dalam kalender hijriah bisa terjadi pada musim-musim yang berbeda. misalnya, tahun baru hijriah yang bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2022 akan dimulai pada tanggal 19 juli 2023.

Berikut ini adalah nama-nama bulan dalam kalender hijriah, Muharam, Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Zulkaidah, Zulhijah


Written by

Admin

Leave A Comment