logo-bayupedia-hijau

Apa itu Adab?

Pendidikan nilai, Sejarah, Dan Fiqih dan Ilmu Pengetahuan

adab

Berapapun usianya, manusia pasti melakukan banyak hal dalam kegiatan sehari-harinya, baik itu berhubungan dengan dirinya maupun dengan lingkungannya. Misal diantaranya adalah minum, makan, memberi salam, tidur, melakukan pembersihan, dan buang air. Kegiatan-kegiatan biasa ini harus dilakukan sebaik mungkin dan sesuai dengan apa yang telah dicontohkan oleh Rosulullah SAW. Maksudnya, melakukan semua kegiatan itu dengan cara yang terbaik agar bermanfaat, baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang-orang yang ada di sekitar kita.

Selain dari itu, hal tersebut akan mendatangkan rahmat dan berkah dari Allah SWT, dan ini merupakan hal yang sangat baik.

Ada banyak adab yang sangat mudah dilakukan, seperti minum sambil duduk, membaca doa sebelum tidur, dan membaca doa sebelum masuk toilet.

Kesimpulannya adalah semua hal yang dapat membuat kehidupan kita sehari-hari menjadi teratur, meningkatkan rasa kasih sayang terhadap diri kita sendiri dan lingkungan, menjaga kesehatan kita, dan yang terpenting adalah membuat Allah SWT dan Rosulullah SAW senang, kita bisa menyebutnya sebagai “adab”.

Adab merupakan kata bahasa arab sekaligus jamak dari kata “adabun” yang berarti adab-adab. Adab juga diartikan sebagai melakukan segala sesuatu pada tempat dan waktunya.

Sebarkan manfaat di sekitar kita, Share sekarang

logo-bayupedia-hijau